Kegiatan Umrah : Inilah Kegiatan Selama di Madinah

Kategori : Umrah, Tips, Ditulis pada : 14 Februari 2023, 06:24:42
kegiatan umroh di madinah – Setiap calon jamaah umroh pasti diberi jadwal perjalanan dari agen. Tapi akan lebih lengkap kalau mencari tahu apa saja kegiatannya, sehingga bisa membuat rencana. Bukan hanya di Mekkah, tapi ada beberapa kegiatan umroh di Madinah yang juga masuk dalam jadwal aktivitas.

Aktivitas kegiatan umroh

aktivitas disana bisa jadi tidak hanya tawaf saja namun juga lari-lari kecil dan melempar jumroh, namun pastinya disisi itu kegiatan disana tergantung guide yang merancang segala kegiatan baik itu sebelum datang di makkah maupun sesudah datang disana guide mempunyai rencana nya masing masing.

namun tahukah anda mengenai kegiatan saat umroh maupun sesudahnya?, jikalau belum artikel ini tepat untuk anda fahami dan simak untuk informasi berikutnya.

sebelum memenuhi kewajiban umroh sebagai muslimin anda harus mengecek kesehatan anda agar tidak drop saat tawaf disana,selain itu karena kegiatan disana sangatlah padat anda memerlukan cairan tubuh yang cukup untuk mengunjungi serta mendaki atau mengunjungi beberapa daerah saat beraktivitas.

Beberapa yang harus di teliti sebelum mengikuti aktivitas umroh

Berikut beberapa yang harus di teliti sebelum melaksanakan kegiatan :

  • perbekalan yang cukup
  • perbekalan tubuh diri(seperti mengecek kesehatan sebelum keberangkatan)
  • hati lapang dada mengunjungi kaabah karena Allah semata
  • disarankan membiasakan buruk diri menjadi hal sebaliknya saat disana
  • adab mungkin bakal berbeda ketika disana dengan di negeri kita

Kegiatan selama di Madinah, sebenarnya berkonsentrasi pada Masjid Nabawi dan sekitarnya. Alasannya, karena jamaah tidak lama berdiam di kota tersebut, hanya sekitar 3—4 hari. Namun itu tergantung paket umroh yang dipilihnya. Secara umum, inilah beberapa aktivitas di Madinah :

Artikel Menarik Lainnya :  Apa itu Hakikat Umroh? Ini Dia Penjelasannya

Beberapa kegiatan dan aktivitas di madinah

berikut ini beberapa kegiatan dan aktivitas di madinah saat umroh maupun berhaji yang perlu anda ketahui :

  1. Salat Fardu dan Sunah di Masjid Nabawi

selama di masjid Nabawi

Biasanya, para jamaah berada di Kota Madinah pada hari kedua, yang mana sebelumnya sudah tiba dan menginap di Jeddah. Kegiatan pertama yang akan dilakukan setiba di kota ini adalah melaksanakan salat di Masjid Nabawi, baik fardu lima waktu maupun sunah.

Sebagaimana yang disebutkan dalam hadis terkait keutamaan dari masjid ini, satu rakaat di Masjid Nabawi itu sama halnya seribu rakaat yang didirikan di masjid-masjid lain. Tapi ke keistimewaan tersebut, terkecualikan pada Masjidil Haram.

Selain itu, ada tempat mustajab untuk berdoa. Lokasi tersebut ditandai dengan karpet berwarna hijau yang dinamai Raudlah. Nabi Muhammad menyebutnya sebagai taman surga (Roudlotul Jannah). Bukan hanya shalat, peserta umrah juga bisa i’tikaf, membaca shalawat, serta zikir.

  1. . Mengunjungi Makam Nabi Muhammad SAW

Kegiatan yang juga masuk dalam itinerary umroh selama beberapa hari di Madinah adalah berziarah ke makam Rasulullah. Bisa dikatakan, ini menjadi aktivitas wajib yang tidak boleh dilewatkan. Sebab, kaum muslim dapat ziarah dan melihat secara langsung.

Bukan hanya menziarahi Nabi SAW, para jamaah juga berziarah ke makam para sahabat. Dilanjutkan pula dengan mengunjungi makam Baqi, dimana itu adalah makam keluarga Rasulullah yang paling tua. Ada istri dan cucu-cucunya yang berada di Baqi.

  1. . Berkeliling di Sekitar Masjid Nabawi

di masjid nabawi keliling

Kegiatan umroh di Madinah yang selanjutnya adalah mengelilingi beberapa tempat di sekitaran Masjid Nabawi. Jamaah dapat membeli oleh-oleh di Bin Dawood Supermarket yang sangat besar. Ada pula beberapa pertokoan di dekat Masjid Nabawi.

Artikel Menarik Lainnya :  Apa sih Definisi Umroh? Berikut adalah Penjelasan Lengkapnya

Terdapat juga masjid yang terletak di sampingnya dan bisa dikunjungi. Namanya yaitu al-Ghammah. Para jamaah, terkadang diceritakan tentang sejarah Nabi Muhammad SAW dan mengunjungi museum Asmaul Husna.

Salah satu momen yang tidak boleh dilewatkan yaitu umbrella attraction. Itu adalah prosesi pembukaan dan penutupan payung besar yang menjadi naungan jamaah di masjid. Biasanya ditutup setelah subuh, kemudian terbuka kembali menjelang magrib.

  1. . Shalat di Masjid Quba

WhatsApp Image 2023-02-11 at 05.44.57.jpg

 

Selain Masjid Nabawi, ada satu tempat lagi yang dijadikan tujuan saat masih di Madinah. Peserta umrah akan diajak ke Masjid Quba, yang mana itu pertama kali dibangun Rasulullah. Biasanya ini menjadi agenda pagi hari, sehingga dapat salat duha.

  1. . Mengunjungi Beberapa Tempat Lain

WhatsApp Image 2023-02-10 at 23.18.12.jpg

selain dalam melakukan ibadah disana juga terdapat daerah atau wisata tempat yang bisa kita jelajahi loh teman teman,jadi jangan khawatir atau tegang ketika kalian di dalam atau daerah bai’at tanah suci

Ada yang menambahkan beberapa kegiatan dalam itinerary umroh. Seperti halnya datang ke Jabal Uhud, yakni saksi terjadinya Perang Uhud. Terkadang pula mengunjungi Jabal Magnet yang dapat menarik mobil, bahkan saat berhenti dan mesin mati.

Selain tempat-tempat tersebut, ada paket yang menambah destinasi lain. Contohnya Masjid Qiblatain yang merupakan saksi dipindahkannya kiblat orang muslim. Dari awalnya di Masjidil Aqsa dipindah ke Ka’bah. Masjid lain yang dikunjungi yaitu Khandaq.

tempat wisata itu merupakan tempat tragedy perang mas lampau,dan tempat sejarah bermula dan awalan bagi masa keemasan umat muslim pada zamannya,selain itu disana terdapat beberapa ilmuwan penting yang kini mencetuskan ide ide saintis maupun ekeology karena itulah tempat wisata ini mampu memberi tahu kita mengenai sejarah bermula dan proses nya islam ke penjuru dunia

Itulah beberapa kegiatan umroh di Madinah yang akan dilakukan jamaah. Rangkaian aktivitas dan lamanya menetap sebenarnya tergantung paket yang dipilih. Tapi yang pasti yaitu berziarah ke makam Rasulullah dan shalat di Masjid Nabawi. Setelah di Madinah akan checkout menuju Mekkah.

Kesimpulan artikel

dan beberapa daerah dan wisata tadi lah yang bisa kami sarankan untuk anda kunjungi untuk berlibur dan mengenal lebih dalam mengenai jasirah arab, dan sejarah awal keemasan dan bangkitnya islam ter struktur dalam bangunan sejarah maupun arkeology yang ditemukan disana karena terdapatnya bangunan yang berhagra dan masuk dalam sejarah sebagai warisan dunia UNESCO

Dimanakah saya mencari biro umroh terpercaya?

Tentunya untuk mencari travel umroh yang terpercaya tidaklah mudah, namun kami memberi saran kepada anda untuk mengunjungi situs umroh di Biro Umroh Kendal, anda akan mendapatkan pelayanan terbaik dari kami dalam melaksanakan kegiatan ibadah umroh maupun haji anda.

“selangkah demi selangkah menuntun kita pada nya,pembelajaran dunia,kelelahan dunia,serta keresahan pikiran yang kita miliki beberapa pengaruh,dan nikmat Allah memberi kita masih bernafas hingga memiliki cita-cita untuk bertemu dengannya di bai’at makkah,semoga kita yang bercita-cita bisa terkabul segera aamiin ya rabbal alamin”

Jangan lupa juga bagi anda semua yang sedang mencari biro umroh terpercaya, untuk segera menghubungi kami dengan kontak yang sudah tertera dibawah ini untuk mengetahui lebih lajut mengenai biro kami sebagai penuntun anda untuk melaksanakan ibadah haji di ba,itul makkah

Hubungi kami di :

ARRAHMAH TOUR

PT ARRAHMAH MUHAMMADIYAH KENDAL
Ruko Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah Kendal
Jl. Pemuda No 42 - 46 Pegulon Kendal - Jawa Tengah - Indonesia
Telp: (0294) 388647
WA : 081-3336-93339

Salam Umroh dari kami – Travel Umroh Kendal

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id