Inilah 7 Kegiatan Saat Ibadah Umrah di Tanah Suci

Kategori : Umrah, Tips, Ditulis pada : 20 September 2022, 14:42:16

Mungkin kebanyakan orang yang mengira bahwa umrah membutuhkan durasi waktu yang panjang. Sebab, biasanya, sebuah perjalanan ibadah umrah berdurasi antara 9 hingga 12 hari. Ternyata, untuk melaksankan rukun umrah hanya perlu waktu antara 3-12 jam saja! Wah, kalau demikian, ngapain aja ya kegiatan saat umrah?

Sebenarnya, macam-macam kok agenda yang bisa Anda jalani untuk mengisi waktu umrah Anda. Selain menunaikan rukun wajib umrah, Anda juga dapat melakukan agenda lain yang tentunya diutamakan didominasi dengan aktivitas ibadah.

smartphone-570507_1280.jpg

Image by bohed from Pixabay

Sayang sekali, jika Anda menghabiskan waktu-waktu di Baitullah, dengan menjalani hal-hal yang tidak mendapat pahala. Meskipun di jadwal itinenary dari travel umrah sudah pasti jadwal agenda yang akan kita lakukan, namun tidak ada salahnya Anda mengelist sendiri jadwal kegiatan agar Anda bisa maksimal beribadah di tanah suci. Setidaknya, ada 7 kegiatan yang bisa Anda lakukan selama ibadah umrah.

1) Melaksanakan Rukun Umrah

Pokok dari perjalanan umrah adalah menunaikan rukun umrah : ihram, tawwaf, sa'i, tahallul serta tertib. Seperti yang sudah kami singgung tadi, durasi untuk melakukan umrah adalah 3-12 jam. Jadi, Anda bisa melakukan ibadah umrah berkali-kali ketika berada di tanah suci.

Waktu yang Anda gunakan dalam perjalanan pergi dan pulang umrah sudah cukup menyita keseluruhan waktu umrah Anda. Seperti waktu untuk perjalanan naik pesawat saja tak kurang dari 9 jam, belum lagi perjalanan dari dan menuju hotel, perjalanan dari madinah ke makkah sekitar 14 jam PP, dll. Jadi, manfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk menjalani rukun umrah.

2) Shalat Fardhu Berjamaah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Kegiatan lain yang utama adalah ibadah sholat 5 waktu. Tentunya, shalat 5 waktu di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi pantang untuk dilewatkan. Karena, pahala shalat di kedua masjid tersebut sangat berlipat ganda.

Shalat di Masjidil Haram setara dengan 100.000 kali lipat pahalanya jika dibandingkan shalat di masjid lain. Sedangkan beribadah shalat di Masjid Nabawi nilainya 1000 kali lipat bila dibandingkan shalat di masjid lain kecuali Masjidil Haram.Tentunya, menjaga shalat lima waktu di Masjidil Haram ini sangat penting, masa iya kita beribadah sunnah namun malah mengesampingkan ibadah fardhunya?

3) Ibadah Sunnah di Masjidil Haram

Selain shalat fardhu di Masjidil Haram, Anda juga bisa melakukan ibadah sunnah di Masjidil Haram antara lain shalat dhuha, shalat rawatib, shalat tahajjud, dan shalat sunnah lainnya. Anda juga bisa melaksanakan ibadah lainnya seperti berdiam diri di masjid, bersalawat, bersedekah, puasa sunnah, dan sebagainya. Perbanyak ibadah sunnah Anda ketika di tanah suci, agar Anda dapat meraup keuntungan pahala sunnah saat berumrah.

4) Melakukan Ibadah Sunnah di Masjid Nabawi

cami-3724921_1280.jpg

Image by Konevi from Pixabay 

Serupa dengan melakukan ibadah sunnah di Masjidil Haram, Anda jangan sampai melewatkan kesempatan beribadah di Masjid Nabawi. Apalagi di Raudatul Jannah atau Raudhah, Anda dianjurkan beri'tikaf, shalat sunnah, bersalawat, berdzikir dan berdoa di Masjid Nabawi dan di Raudhah, supaya kesempatan meraih pahala terbaik bisa Anda peroleh.

5) Shalat Sunnah di Masjid Quba

Ada satu amalan yang tak boleh dilewatkan begitu saja saat umrah, yaitu shalat sunnah di masjid Quba. Menurut dari Hadits Rasullullah SAW yang mana diriwayatkan oleh Abu bin Sahl bin Hunaif RA, ia pernah mendengar bahwasannya Rasulullah SAW bersabda: ” Barang siapa yang bersuci di rumahnya, lalu mendatangi Masjid Quba, lalu ia sholat di dalamnya, maka untuknya akan mendapat pahala seperti pahala Umrah” . (HR. Tirmizi nomor 298, Ibnu Majah nomor 1401)

Masjid Quba ini letaknya di Madinah. Biasanya, ada agenda untuk mengunjungi masjid ini saat pagi hari, jadi Anda dapat shalat dhuha di Masjid Quba untuk meraih keutamaannya.

6) Membaca Al Quran dan Memperbanyak Dzikir

Upayakan Anda selalu tetap terjaga dari wudhu dan memegang mushaf Al Qur'an agar Anda bisa membaca Al Quran kapanpun. Apalagi saat menunggu waktu-waktu ibadah shalat, sayang sekali jika Anda menghabiskannya dengan kegiatan yang kurang berpahala.

Selalu basahi bibir Anda untuk membaca ayat-ayat suci Al Qur'an dan berdzikir, sehingga Anda menjadi lebih tenteram dan khusyu dalam melaksanakan ibadah. Melupakan sejenak aktivitas dunia yang Anda kerjakan di luar ketika umrah.

7) Berdoa di Tempat-tempat Mustajab

Nah, ini dia aktivitas favorit yang biasanya selalu diagendakan oleh jamaah umrah. Ya, memanjatkan doa di tanah suci merupakan kesempatan yang tidak ternilai harganya, karena Anda sedang bertamu di Rumah Allah. Jadi, berdoa sebaik-baiknya, sebanyak-banyaknya sesuai dengan kebutuhan kita. Biasanya, kita juga ada titipan doa dari kerabat, sahabat, dan rekan kita. 

Jadi, berdoalah, daripada menyibukkan diri berswa foto, shopping, wisata kuliner, sebaiknya Anda agendakan khusus untuk berdoa dan siapkan catatan doa dari rumah agar tidak ada yang terlupa.

Itulah aktivitas yang dapat menambah bobot pahala umrah kita. Ibadah umrah merupakan ibadah yang membutuhkan pengorbanan yang tidak sedikit baik dari segi materi maupun dari segi fisik. Oleh karena itu, kita jangan sampai lengah, dengan mengisi aktivitas di waktu umrah kita sebaik-baiknya. Jangan terlena dengan tergoda berbelanja dan berburu kuliner timur tengah saja, ya!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id