5 Tempat Belanja Oleh-Oleh di Kota Makkah

Kategori : Umrah, Tips, Ditulis pada : 14 Agustus 2022, 13:05:45

Setelah menunaikan ibadah umrah, tak lengkap rasanya jika tidak menyempatkan diri untuk belanja oleh-oleh khas dari Arab. Biasanya, ada agenda waktu khusus yang dijadwalkan oleh biro umrah untuk para jamaah berbelanja oleh-oleh sebelum pulang ke tanah air. Meskipun banyak juga toko perlengkapan dan oleh-oleh haji di tanah air, tapi lebih afdhol jika membawanya langsung dari Makkah.

Nah, untuk Anda yang masih pertama kali melaksanakan ibadah umrah, tentunya belum mengetahui di mana saja sih Anda bisa belanja oleh-oleh ketika di Tanah Suci? Padahal, ada beberapa pilihan pasar yang bisa Anda dijadikan tujuan utama untuk berbelanja. Tentunya ini juga menyesuaikan dari jadwal umrah Anda, setidaknya Anda tidak perlu bingung lagi ketika ingin belanja.

5.jpgPhoto by ANDREA MUSTO on Unsplash

Berikut ini pasar belanja oleh-oleh khas di Kota Makkah yang bisa Anda jadikan tujuan:

Pasar Utaibah

Rekomendasi yang pertama adalah pasar Utaibah. Pasar Utaibah merupakan pasar paling tua di Makkah yang menjadi pusat perdagangan warga Makkah. Anda dapat menemukan berbagai macam barang dengan harga terjangkau di pasar ini.

Pasar Utaibah bertempat 3 KM dari Masjidil Haram, tepatnya berada di jalan Hujoon. Tidak jauh dari tempat Anda menunaikan ibadah umrah sehingga Anda lebih mudah menjangkaunya. Pasar ini selalu ramai disinggahi baik ketika hari biasa maupun saat bulan Ramadhan dan musim ibadah haji.

Pasar ini menjadi tempat yang paling disukai bagi warga Makkah dan jamaah umrah. Bagaimana tidak, harga produk yang ditawarkan di pasar Utaibah bisa dibilang sangat terjangkau dibandingkan dengan harga yang dipasang di mal Makkah.

Untuk produk yang serupa, harga di mal Makkah senilai 5 kali lipat lebih dari harga di Pasar Utaibah. Sebagai gambaran, misalnya harga satu barang di mal 400 riyal, maka harga di Pasar Utaibah bisa Anda dapatkan cukup membayar 70 riyal saja!

Pasar Ja’fariyah

Tempat belanja buah tangan yang lain di sekitar Masjidil Haram adalah Pasar Ja’fariyah. Anda dapat berbelanja macam-macam cinderamata yang dapat dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di tanah air. Pasar ini selalu ramai dikunjungi, jadi jangan lupa Anda meluangkan diri untuk ke Pasar Ja’fariyah saat berkunjung ke Makkah.

Pasar Hijaz

Ingin berbelanja barang mewah di Mekkah? Pasar Hijaz pilihan yang tepat. Pasar ini terkenal menyediakan barang-barang bermerek yang tentunya berkualitas, baik produk lokal ataupun merek kelas dunia. Tak heran jika Pasar Hijaz dikenal dengan kemewahan tempatnya.

bukan hanya itu, Pasar yang bertempat di Jalan Makkah-Jeddah ini juga menawarkan aneka olahan makanan yang bermacam-macam dari seluruh dunia. Sempatkan berkunjung ke pasar Hijaz untuk mendapat pengalaman belanja ketika di Arab Saudi.

Pasar Aziziyah

Pasar Aziziyah terletak cukup jauh dari kota Makkah, tepatnya di distrik Aziziyah. Tak perlu khawatir, Anda bisa tetap berkunjung dengan transportasi darat.

Bisa dikatakan, Pasar Aziziyah adalah pasar terbesar di kota Makkah. Beragam keperluan seperti perlengkapan rumah tangga, alat elektronik, dan tentu saja oleh-oleh khas Arab Saudi dapat Anda dapatkan di sini.

Pasar Syar’i Al- Hajj

Terakhir, Anda bisa mengunjungi pasar Syar’i Al- Hajj. Anda akan menemukan barang-barang keperluan rumah tangga dengan harga cukup murah di pasar ini. Misalnya sajadah, yang tentunya cocok Anda bawa ke tanah air sebagai oleh-oleh sepulang umrah.

6.jpg

Image by fsHH from Pixabay

Itulah beberapa pasar di Makkah yang bisa Anda jadikan referensi untuk belanja oleh-oleh khas umrah. Ternyata, oleh-oleh khas tak hanya kurma, lho! Ada banyak macam pilihan oleh-oleh yang bisa Anda jadikan oleh-oleh untuk keluarga.

Di antaranya, kacang Arab, cokelat Al Hadi, cokelat batu, kismis, Madu Khasmir, kacang pistascio, kacang almond, Malban (nougat Lebanon), serta buah tin. Wah, menarik sekali kan? Pilihannya pun sangat beragam. Anda juga bisa menentukan pilihan untuk oleh-oleh berupa barang agar lebih tahan lama. Nah, Anda bisa menemukan oleh-oleh khas tersebut di pasar-pasar yang sudah disebutkan di atas.

Terakhir, ada sedikit tips untuk Anda coba ketika belanja di pasar-pasar Makkah. Tentunya, Anda ingin mendapatkan oleh-oleh produk yang berkualitas dan harga yang hemat bukan? Berikut tipsnya:

  • Membuat Daftar Belanja

Tips yang pertama yaitu membuat daftar belanja. Anda dapat menyiapkan catatan apa saja barang yang ingin Anda beli sesuai kebutuhan, bahkan sebelum berangkat ke Baitullah.

Rencanakan siapa saja yang ingin Anda beri oleh-oleh sepulang dari umrah, berapa banyak yang Anda butuhkan, dan tentunya sesuaikan dengan bagasi yang tersedia. Jangan sampai overload sehingga Anda kesusahan membawa pulang oleh-oleh yang sudah Anda belanja di tanah suci. Sayang bukan?

  • Jangan Berpenampilan Mencolok

Saat belanja di pasar Makkah, usahakan berpenampilan sederhana saja, jangan sampai terlalu menarik perhatian karena pedagang pun pasti dapat membaca profil Anda. Dengan berpenampilan biasa, Anda tidak akan ditawari dengan harga yang mahal, karena si pedagang akan menganggap bahwa Anda ‘mampu’ membayar barang dengan harga yang tinggi.

  • Sesuaikan Budget

Tips selanjutnya adalah sesuaikan dengan anggaran yang telah Anda siapkan dari rumah. Memang, ada banyak barang yang dapat kita beli. Namun, jika Anda tidak membatasinya dengan budget tertentu, bisa jadi Anda akan membeli yang tidak dibutuhkan dan akhirnya dana Anda akan habis.

  • Persiapkan Uang Riyal

Seperti yang diketahui, mata uang yang berlaku di Arab Saudi yaitu Riyal. Anda bisa menukar uang rupiah Anda di tempat penukaran uang asinhg sebelum berangkat ke tanah suci. Ingat, pastikan sesuai dengan budget ya!

  • Pilih Barang yang Tahan Lama

Yups, selain berbagai macam camilan yang disebutkan di atas, Anda bisa memilih cinderamata seperti permadani, tasbih, miniatur atau hiasan bergambar ka’bah, jilbab, abaya, hingga air zam-zam. Barang-barang tersebut tidak terlalu beresiko dibawa ke Indonesia.

  • Mengerti Bahasa Arab Meskipun Sedikit

Anda bisa mulai belajar percakapan bahasa Arab sederhana yang bisa Anda praktekkan ketika berbelanja di Makkah. Para pedagang tentu ingin memahami keinginan Anda, dan akan lebih mudah apabila tahu apa yang Anda ucapkan. Namun, kebanyakan pedagang di pasar Makkah juga sedikit-sedikit mengerti Bahasa Indonesia lho!

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar belanja oleh-oleh semakin menyenangkan. Jadi, sudah buat daftar belanjaan belum? Semoga tulisan ini bermanfaat.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id