5 Tips yang Mempermudah Anda Saat Beribadah Umrah

Kategori : Umrah, Tips, Ditulis pada : 14 Februari 2023, 05:45:46

Menjalani ibadah umrah, pastinya menjadi hal yang dinantikan bagi setiap umat muslim. Impian untuk bisa beribadah dengan tenang di Masjidil Haram, menyaksikan langsung bangunan ka’bah, mengunjungi tempat-tempat yang mustajab, ziarah ke makam Rasulullah SAW, dan seterusnya sudah ada di benak. Akan tetapi, ada banyak hal teknis yang harus Anda perhatikan agar ibadah umrah Anda tidak disibukkan dengan membereskan hal-hal kecil yang membuat Anda ribet ketika di tanah suci.

said-alamri-XETXw59dsVo-unsplash.jpg

Photo by said alamri on Unsplash

Berikut ini ada 5 tips yang bisa Anda praktekkan saat di tanah suci, agar memudahkan Anda ketika melaksanakan ibadah umrah. Simak baik-baik dari awal sampai akhir yuk!

Menggunakan Kamar Mandi

Bagi Anda yang tengah menjalankan ibadah umrah, memelihara wudhu sangat dianjurkan karena tidak setiap saat Anda dapat berwudhu. Pastinya Anda tidak akan dapat khusyu’ jika harus bolak-balik ke tempat wudhu. Anda juga harus mengantisipasi jika ingin menunaikan hajat atau ‘panggilan alam’ yaitu buang air kecil ataupun buang air besar. Pergi ke toilet bukan hal yang mudah saat Anda berada di Masjidil Haram.

37.jpg

Photo by Robert Thiemann on Unsplash

Hal ini karena arsitektur Masjidil Haram berbeda dengan masjid pada umumnya, Anda harus benar-benar mengetahui letak kamar mandi yang ada di Masjidil Haram. Toilet ini berada di luar area masjid, tepatnya di sebelah pintu masuk utama yaitu pintu King Abdul Aziz atau dekat dengan pintu keluar Bukit Marwah. Bagi Anda yang sedang berada di area masjid, mau tak mau harus menghentikan aktivitas ibadah Anda dan berjalan keluar dari Masjidil Haram.

Harus diperhatikan lagi yaitu waktu yang Anda habiskan selama di toilet. Berjalan keluar masjid bisa memakan waktu kurang lebih 10 menit, belum lagi mengantri selama di kamar mandi. Oleh karena itu Anda sebaiknya menghindari waktu-waktu dimana toilet ramai oleh jamaah. Biasanya, toilet ramai sebelum masuk jam sholat berjamaah seperti sholat Maghrib maupun sholat Jumat. Sebaiknya, Anda memastikan semua urusan di kamar mandi sudah rampung sebelum masuk area Masjidil Haram supaya Anda tidak perlu keluar Masjid lagi di tengah-tengah ibadah.

Menyimpan Uang Tunai yang Aman

Membawa uang tunai jadi kebutuhan tersendiri bagi Anda saat menjalankan ibadah umrah untuk alat pembayaran selama di tanah suci. Sebab, mata uang yang berlaku tidaklah sama dengan di tanah air, Anda harus menukar uang terlebih dahulu sebelum pergi umrah. Anda dapat menukarkannya di jasa penukaran mata uang asing terdekat.

Namun, sebaiknya Anda bijak saat membawa uang tunai. Bawa secukupnya saja, jika perlu hitung berapa kebutuhan Anda selama di Baitullah termasuk untuk berbelanja oleh-oleh sebelum pulang. Jika Anda membawa uang tunai terlalu banyak, tentunya Anda bisa kerepotan membawanya. Ada kekhawatiran akan kehilangan dan seterusnya.

Anda bisa mencoba beberapa tips berikut ini. Pisahkan uang tunai Anda ke beberapa tempat, jangan menaruh hanya ke dalam satu tas saja! Ini menghindari apabila mengalami kehilangan, Anda masih punya cadangan uang tunai di tempat lainnya. Simpan secukupnya di dompet kecil yang terus dibawa kemanapun bahkan saat dibawa ke masjid. Untuk sebagian lainnya bisa Anda simpan di tas yang Anda tinggalkan di tempat menginap. Simpan di bagian tas yang diyakini aman ya!

Anda juga bisa menyimpan uang Anda di ATM, jika membutuhkan uang tinggal tarik tunai di ATM. Menyimpan selembar kartu ATM jauh lebih simpel dibandingkan dengan membawa segepok uang tunai bukan? Nah, terakhir Anda dapat coba memanfaatkan save deposit box yang biasanya disediakan oleh pihak hotel tempat Anda menginap. Hotel dengan minimal bintang 4 biasanya mempunyai fasilitas ini. Jika tidak, Anda dapat menggunakan koper milik pribadi yang bisa Anda kunci saat ditinggal-tinggal.

Tips Agar Koper Tidak Keliru dengan Jamaah Lain

Koper adalah salah satu barang penting yang dibutuhkan saat berangkat umrah untuk menyimpan barang-barang yang dibutuhkan saat berada di tanah suci. Namun, tak sedikit terjadi masalah mengingat sangat banyak koper jamaah lain yang menyebabkan insiden kehilangan atau koper yang tertukar.

38.jpg

Photo by Italic on Unsplash

Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut Anda sebaiknya menandai koper Anda agar bisa dikenali dengan mudah. Misalnya dengan melekatkan stiker bendera merah putih untuk mengidentifikasi bahwa itu adalah koper jamaah asal Indonesia. Kemudian, jangan lupa untuk menggantungkan identitas diri yang lengkap pada koper Anda. Jika perlu disertai foto Anda juga agar lebih meyakinkan. Hal ini menghindari koper Anda diklaim oleh pihak lain yang tak bertanggung jawab.

Anda juga dapat memakai gantungan kunci unik dan mencolok, yang membedakan koper Anda dengan koper jamaah lain. Cara lainnya, ada pula yang mengikat pita yang warnanya seragam dengan teman satu rombongan untuk mempermudah|memudahkan memilih koper. Usahakan agar selalu memeriksa koper serta isi koper Anda secara berkala ketika di tanah suci. 

Menyimpan Tanda Pengenal serta Dokumen Penting

benda yang sangat penting untuk Anda bawa saat beribadah umrah adalah tanda pengenal jamaah dan dokumen penting lainnya. Tanda pengenal ini biasanya berisi nama, usia, asal negara, nama regu dan seterusnya sebagai identitas resmi Anda sebagai jamaah umrah. Dokumen penting lainnya antara lain paspor, Anda harus menjaganya dengan baik agar tidak hilang atau tertinggal di suatu tempat.

Jadi, selalu gunakan tas kecil untuk menyimpan tanda pengenal serta dokumen penting Anda agar bisa dibawa kemanapun Anda pergi. Jangan sekali-kali menitipkan kepada orang lain, atau menaruhnya sembarangan ketika wudhu atau meninggalkannya saat beribadah. Tetap fokus menjaga barang-barang bawaan Anda.

Tips Membawa Benda-Benda Kecil yang Dibutuhkan

Benda-benda kecil ini tampak remeh, tapi harus selalu Anda bawa agar tidak kerepotan saat menjalani ibadah umrah. Antara lain gunting kecil untuk tahallul, gunting kuku, cukuran jenggot, tali tambang (berfungsi untuk tali menjemur pakaian saat di kamar dan mengikat koper), pengorek kuping, obat-obatan untuk sakit ringan, kaos kaki dan sarung tangan supaya tidak kedinginan.

39.jpg

Photo by Brett Jordan on Unsplash

Nah, itu tadi 5 tips praktis yang mempermudah Anda ketika menjalani ibadah umrah di Baitullah. Semoga Ibadah umrah Anda berjalan lancar, khusyu’ dan tentunya mabrur ya!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id