10 Hal yang Wajib Anda Persiapkan Sebelum Melaksanakan Umrah

Kategori : Umrah, Tips, Ditulis pada : 12 Januari 2023, 15:25:25

Bagi Anda yang pertama kali akan melaksanakan umrah, Anda pastinya bingung tentang hal yang harus Anda lakukan sebelum ibadah umrah. Mulai dari dokumen, pendaftaran, barang-barang, dan lain sebagainya. Hal ini sangat penting, karena jika ada yang tidak lengkap dipersiapkan, maka Anda bisa jadi tidak bisa khusyu’ beribadah umrah di Baitullah.

Nah, sebagai visualisasi apa yang wajib Anda siapkan sebelum umrah, Anda bisa mengikuti tulisan berikut ini dari awal hingga akhir.

Persiapan Fisik

Hal pertama yang harus dipahami adalah umrah sama halnya dengan ibadah Haji, yaitu rukun-rukunnya membutuhkan kesehatan fisik yang prima. Oleh karena itu, jamaah umrah yang hendak melaksanakan umrah setidaknya harus ada persiapan satu bulan sebelumnya agar dapat menyiapkan fisik yang kuat agar ibadah umrahnya berjalan lancar.

man-1245658_1280.jpg

Image by Free-Photos from Pixabay

Anda dapat menjaga kebugaran dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi, serta minum makanan tambahan seperti madu, vitamin, dan seterusnya. Anda juga bisa memulai rutin berolahraga, seperti lari pagi, senam, atau olahraga lainnya. Dengan bekal fisik yang kuat akan mendukung kelancaran Anda dalam melaksanakan ibadah umrah di Baitullah.

Persiapan Ruhani

Selain fisik yang prima, Anda juga harus menyiapkan ruhani Anda agar dapat benar-benar khusyu’ dalam beribadah umrah. Ibadah umrah memerlukan niat yang tulus ibadah semata karena Allah SWT, juga keikhlasan dari hati. Karena bagi orang yang melakukan umroh berarti harus meninggalkan pekerjaan dan sanak keluarga untuk beberapa waktu. Selain itu, Anda juga harus mengeluarkan sejumlah biaya yang harus dibayarkan melalui jasa travel umrah yang Anda pilih.

Persiapan Dokumen

Kelengkapan data yang harus dipenuhi sebelum melaksanakan umrah diantaranya KTP|Kartu Identitas Diri|Kartu Tanda Penduduk), paspor, visa, surat vaksinasi, buku tanda nikah, tiket pesawat, tanda terima booking hotel, bukti pembayaran, dan lain-lain.

Persiapan Barang Bawaan

Nah, ini adalah persiapan yang wajiib diperhatikan. Sebaiknya, Anda membawa paling banyak tiga tas dan koper untuk memuat barang-barang yang Anda bawa. sebuah koper berukuran besar, satu tas jinjing, dan sebuah tas kecil. Masing-masing bisa dipenuhi dengan barang bawaan sesuai kebutuhan. Misal untuk pakaian ditaruh dalam koper, tas jinjing untuk membawa alat-alat mandi, obat-obatan dan dokumen, sedangkan tas berukuran kecil untuk membawa kartu identitas, kertas tisu, lotion, dan lainnya.

Mempelajari Tentang Umroh

laptop-820274_1280.jpg

Image by fancycrave1 from Pixabay 

Hal ini terkadang terlupakan, padahal sebenarnya ini adalah langkah yang terbilang penting untuk diperhatikan. Sama halnya saat kita hendak melaksanakan suatu ibadah, kita wajib tau syarat sahnya, rukun-rukunnya, urut-urutannya supaya tertib, aturan-aturannya, dan doa yang harus diucapkan. Anda bisa mencari sumbernya yaitu dengan membaca buku panduan ibadah umrah, mencari tentang ibadah umrah, dan bertukar pikiran dengan orang yang sudah melaksanakan ibadah umrah.

Menentukan Pilihan Jasa Travel Umroh yang Terpercaya

Sebaiknya, pilihlah biro travel umrah yang bonafid. Anda bisa memastikannya dengan cara membaca testimoni jamaah yang telah diberangkatkan, juga mengamati profil serta riwayat travel umroh tersebut. Jika travel umrah Anda telah menggunakan software khusus aplikasi untuk umrah sehingga informasi layanan mereka dapat Anda cermati melalui internet, misalnya dengan mengunjungi web, mendapat notifikasi surat elektronik dan SMS untuk kelanjutan pendaftaran Anda, dan sebagainya.

Membawa Obat-obatan Pribadi

Jika Anda mempunyai riwayat terkait kesehatan yang kurang baik, mempunyai alergi khusus, dan memerlukan mengkonsumsi obat-obatan yang tidak umum, Anda perlu membawa obat-obatan khusus yang harus Anda sertakan saat menjalani umrah. Selain obat khusus, obat yang umum seperti P3K dan minyak urut, juga dapat Anda siapkan secukupnya.

Menyiapkan Barang-barang Spesifik Wanita/Pria

Barang-barang spesifik wanita banyak jenisnya, misal pakaian khusus wanita untuk umrah, mukena, kerudung, peniti, inner hijab, kaos kaki, dalaman, dan sebagainya.

Untuk laki-laki, karena menggunakan kain ihram tanpa jahitan, Anda dapat membawa cadangan kain dan juga baju cadangan ihram yang nyaman. 

Menyiapkan Doa-doa Sebelum Pelaksanaan Ibadah Umrah

Ketika umrah, biasanya ada beberapa doa yang ingin Anda minta. Ada pula titipan doa dari saudara dan juga rekan. Agar selalu ingat, siapkan kertas khusus doa, supaya Anda tidak lupa dan tidak terlewat saat berdoa di tempat-tempat mustajab.

Persiapan Suplemen untuk Menjaga Kekuatan dan Kesehatan Saat Pelaksanaan

Penting sekali menjaga stamina saat beribadah umrah. Anda bisa memasukkannya dalam daftar barang yang harus dibawa, bawa di tas kecil sehingga Anda bisa meminumnya saat diperlukan.

Nah, itulah 10 hal yang harus Anda persiapkan sebelum umrah. Bicarakan dengan layanan travel umrah Anda serta ustad pembimbing apa yang perlu dan tidak perlu dipersiapkan. Semoga bermanfaat!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id