Inilah Tips Menunaikan Ibadah Umrah Sekeluarga yang Perlu Anda Ketahui

Kategori : Umrah, Tips, Ditulis pada : 26 April 2023, 18:00:46

Bagi umat muslim, menjalankan ibadah umrah adalah hal yang istimewa. Banyak keutamaan yang ada pada ibadah umrah, antara lain Anda akan menjadi ‘tamu di rumah Allah|Baitullah’ di tanah suci yaitu kota Makkah dan Madinah. Anda bisa melaksanakan ibadah dengan tenang dan khusyu’ di Masjidil Haram, lebih mendekatkan diri pada Allah, mendapat kebaikan yang berlipat ganda, memanjatkan doa di tempat yang mustajab, ziarah ke makam Rasulullah SAW di Masjid Nabawi, dan masih banyak lagi keistimewaan yang akan Anda peroleh.

22.jpg

Photo by Octav Cado on Unsplash

Apalagi jika bisa melaksanakannya bersama keluarga terdekat, tentu lebih menyenangkan. Merasakan nikmatnya ibadah di Baitullah dengan orangtua, suami atau istri, juga dengan anak-anak. Pastinya, banyak persiapan yang wajib dilakukan supaya perjalanan umrah dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan.

Nah, bagi Anda yang ingin menunaikan umrah bersama keluarga, berikut ini akan kita bahas beberapa tips persiapan umrah sekeluarga. Yuk, simak selengkapnya!

Berniat Umrah Sekeluarga

Hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah berniat untuk melaksanakan ibadah umrah. Tentu, Anda harus berkomunikasi dengan keluarga Anda agar masing-masing meniatkan diri untuk pergi beribadah umrah. Kesamaan niat tersebut akan lebih mewujudkan impian Anda untuk dapat beribadah umrah dengan keluarga.

Bayangkan, apabila hanya Anda yang memiliki niat untuk umrah, sedangkan istri atau anak Anda ternyata yang belum memiliki niat umrah. Ingat, pergi beribadah ke tanah suci tak hanya masalah kesiapan materi, namun juga kesiapan mental. Dan Allah hanya ‘mengundang’ seorang muslim yang telah memiliki dua kesiapan tersebut.

Jadi, cek apakah Anda dan keluarga telah sama-sama berniat untuk berangkat umrah ya!

Persiapkan Dana yang Cukup

Niat saja tak cukup, maka harus diimbangi dengan ikhtiar yaitu menyiapkan sejumlah dana yang dapat menghantarkan Anda sekeluarga berangkat umrah. Apalagi jika yang berangkat dua orang atau lebih, semakin banyak jumlah keluarga yang ikut, maka biaya yang harus dibayarkan juga semakin banyak. Jadi, Anda perlu menganggarkan untuk persiapan biaya tersebut.

23.jpg

Photo by Micheile Henderson on Unsplash

Misalnya dengan membuka tabungan umrah. Hitung berapa anggaran dana yang diperlukan untuk bisa pergi umrah bersama keluarga. Jika rata-rata biaya pendaftaran untuk umrah sekitar 25 juta rupiah, tinggal dikalikan dengan berapa jumlah anggota keluarga yang ikut. Anda dapat mencari paket-paket umrah keluarga yang dapat menghemat biaya yang harus Anda bayarkan.

Tentu saja, Anda bisa mencoba tabungan umrah dengan jumlah semampu Anda diawal. Dengan cara ini, Anda telah menunjukkan usaha dan kesungguhan Anda kepada Allah agar dimampukan untuk menunaikan umrah. Bukankah Allah yang Maha Mencukupkan? Sudah banyak kisah, bagaimana Allah memampukan siapa saja yang Dia undang ke tanah suci. Dan berapa banyak orang yang sebetulnya mampu, tapi tak kunjung juga pergi umrah?

Menyiapkan Dokumen dan Paspor

Semakin banyak jumlah keluarga yang ikut dalam perjalanan umrah, maka semakin banyak pula surat-surat yang harus Anda urus. Sebaiknya, cari tahu dan catat dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftarkan diri menjadi calon jamaah umrah. Anda bisa menggali informasi yang lengkap di internet, atau bertanya ke biro perjalanan umrah yang terpercaya.

Mengapa Anda perlu menulis dokumen yang diperlukan? Agar Anda tak perlu bolak-balik saat mengurus dokumen Anda dan keluarga. Tulislah ceklist yang memudahkan Anda mengecek apakah dokumen yang dibutuhkan sudah lengkap atau belum. Anda juga perlu membuat paspor sebelumnya, sebab hal tersebut juga memerlukan waktu. Persiapan yang sungguh-sungguh akan mempermudah Anda sekeluarga untuk berangkat umrah dengan lancar.

Cek Kondisi Kesehatan Keluarga

Kesehatan fisik sangatlah perlu untuk dipastikan, sebelum melaksanakan umrah dengan keluarga. Sebab sebagian besar kegiatan, baik itu rukun maupun ibadah lain di Baitullah merupakan ibadah fisik yang butuh kondisi fisik yang kuat. Belum lagi perjalanan Indonesia-Makkah, Makkah-Madinah, dan seterusnya yang juga menguras tenaga.

21.jpg

Photo by Naassom Azevedo on Unsplash

Tidak hanya kesehatan diri sendiri, tapi setiap anggota keluarga perlu dipastikan kondisi kesehatannya. Pastikan, apakah anggota keluarga ada yang mempunyai riwayat sakit, alergi, atau penyakit kambuhan jadi dapat diurus oleh anggota keluarga lain yang berangkat bersamanya. Alangkah baiknya berkonsultasi dengan tenaga medis dan memeriksakan kondisi kesehatan secara menyeluruh sebelum pergi ibadah umrah.

Memilih Waktu Umrah yang Tepat

Dikarenakan jadwal aktivitas yang berbeda, misalnya orangtua yang harus pergi kerja, anak yang sekolah, dan seterusnya maka diperlukan pemilihan waktu yang pas untuk menjalankan umrah sekeluarga. Jangan sampai memilih waktu yang bentrok, sehingga aktivitas utama malah terabaikan.

Anda bisa memilih waktu-waktu seperti liburan sekolah anak-anak ketika kenaikan kelas, liburan akhir dan awal tahun, cuti kerja, sebelum dan setelah musim haji ( supaya tak terlalu ramai) atau saat bulan Ramadhan. Agendakan waktu khusus yang disepakati agar dapat dijalani oleh semua anggota keluarga.

Persiapkan Barang yang Akan Dibawa

Nah, jika kesiapan dokumen sudah lengkap, kapan pelaksanaan umrah juga sudah dipilih, saatnya Anda meluangkan waktu membuat daftar barang yang Anda dan keluarga butuhkan. Ketika mempersiapkan barang bawaan, pasti semua terlihat dibutuhkan untuk dibawa. Jadi Anda tidak sadar bahwa barang yang dibawa oleh Anda terlalu banyak bahkan tidak muat melebihi daya tampung bagasi pesawat Anda.

Oleh karena itu, Anda harus benar-benar memikirkan urutan barang yang penting Anda bawa. Bawalah yang penting saja, ingat bahwa Anda tidak sedang pindahan selamanya namun hanya melakukan perjalanan ibadah umrah. Ketahui berapa bagasi yang disediakan untuk Anda. Pertimbangkan juga bahwa ketika kembali dari tanah suci, Anda perlu ruang bila Anda membawa oleh-oleh khas Arab untuk dibawa ke tanah air.

Perbanyak Berdoa dan Sering Bersedekah

Tips terakhir yang tak kalah penting adalah banyak-banyak berdoa kepada Allah SWT, agar impian Anda terwujud untuk bisa berangkat ibadah umrah ke tanah suci bersama keluarga. Tugas Anda terus berikhtiar, namun Allah yang berhak menjadi penentu apakah Anda layak untuk diundang ke rumah Allah sebagai tamu-Nya.

24.jpg

Photo by Annie Spratt on Unsplash

Tak hanya berdoa saja, wujud usaha Anda juga bisa lewat cara rajin bersedekah supaya Allah mudahkan urusan Anda. Sehingga melancarkan proses Anda dalam melaksanakan ibadah umrah. Yakinlah bahwa Allah tak akan menyia-nyiakan usaha hamba-Nya yang serius dalam rangka melaksanakan ibadah.

Itu tadi beberapa tips mempersiapkan ibadah umrah sekeluarga yang bisa Anda lakukan. Semoga bisa memperkuat niat serta menambah semangat Anda dalam melaksanakan ibadah ke tanah suci bersama orang-orang tersayang. Selamat mencoba!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id